banner 728x250

Bea Cukai Langsa Tangkap 1,5 Juta Batang Rokok Ilegal

  • Bagikan
Beacukai langsa amankan rokok ilegal
banner 468x60

Media Pancasila – Langsa, Beacukai Langsa mengamankan rokok ilegal merk  Luftman Sebanyak 1.500.000 batang beserta satu unit truk  pengangkut dan 2 orang awak truk yang diduga pelaku penyeludupan, hal ini  disampaikan Kepala Kantor Bea Cukai Kuala Langsa, Tri Hartana melalui Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan, Iwan Kurniawan, Selasa (17/08/2021).

Lebih lanjut dijelaskan, pada Sabtu 14 Agustus 2021 sekira pukul 20.40 WIB, Tim Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Langsa telah berhasil melakukan penindakan terhadap satu unit truk yang bermuatan 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu) batang rokok ilegal tersebut  di perbatasan Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Aceh Tamiang.

rokok ilegal

Berawal dari  informasi dari masyarakat, tentang akan adanya pengiriman rokok yang diduga illegal menuju Provinsi  Aceh melaui jalur darat menggunakan truk.

Tim melakukan pendalaman informasi, kemudian setelah tim mendapatkan informasi terkait sarana pengangkut dan ciri-cirinya, tim kemudian bergerak menuju lokasi  untuk melakukan pemantauan terhadap truk yang menjadi target penindakan.

Baca Juga : BNN Tangkap 100 Kg Shabu Di Aceh Timur

Setelah tim menemukan truk dengan ciri -ciri sebagaimana informasi melewati perbatasan Langsa-Aceh Tamiang, Tim mengikuti truk tersebut untuk memastikan bahwa truk adalah  target yang diduga mengangkut rokok ilegal itu.

Setelan dipastikan bahwa truk itu adalah truk target, tepatnya di daerah kecamatan Seumadam, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Tim menghentikan dan melakukan pemeriksaan awal untuk memastikan isi muatan truk.

Dari hasil pemeriksaan menunjukan bahwa muatan truk tersebut adalan rokok ilegal merek Luftman dengan ciri ciri rokok tanpa dilekati pita cukai (Polos).

Adapun dasar hukum dari kegiatan penindakan terhadap Barang Kena Cukai berupa Hasil Tembakau jenis rokok Sigaret Putih Mesin tersebut karena merupakan pelanggaran pidana, diduga melanggar pasal 54 UU No. 39 Tahun 2007 tentang

Baca Juga : Civic Vs Fortuner Balapan Dijalan Raya, 3 Orang Tewas Ditabrak

Cukai, Setiap orang yang menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 ayat () dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling sedikit 2 (dua) kali nilai Cukai dan paling banyak 10 (sepuluh) kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

Menurutnya, operasi penindakan ini tidak hanya bertujuan untuk melindungi masyarakat dari potensi bahaya barang-barang ilegal yang tidak memenuhi ketentuan perundang – undangan, melainkan juga sebagai upaya nyata Bea Cukai dalam mengamankan penerimaan negara.  [BM]

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *