banner 728x250

Jalan Terang Menuju Pemekaran Kabupaten Bandar Khalifah Peureulak

  • Bagikan
banner 468x60

MEDIAPANCASILLAAceh Timur, Semilir angin malam menghembuskan hawa dingin menusuk pori, dibawah sinar lampu disudut warung kopi, nampak seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Timur.

Fattah Fikri nama Politisi Partai Aceh itu nampak sedang menikmati secangkir kopi musim hujan di awal November 2021.

Sambil menyapa pengunjung warung di kota Peureulak yang menurut riwayat merupakan tempat pertama menyebarnya Islam di Asia Tenggara dibawah Tangan dingin Sultan Sa’id Maulana Alaidin Syah yang kala itu memimpin Kerajaan Bandar Khalifah Peureulak.

Berselang beberapa waktu, Satu-persatu orang bertambah disamping wakil rakyat itu yang disapa Bang Tatah, awalnya bukanlah hal yang aneh, dirinya memang dikenal sebagai salah satu politisi yang akrab dengan masyarakat disana.

Namun malam ini menjadi perhatian kami sebagai pegiat Media, tidak mungkin tokoh-tokoh di daerah tersebut berkumpul dengan kebetulan tanpa ada hajat yang hendak dibicarakan, namun pastinya bukan sebuah rahasia, karena ini tempat terbuka, tentunya ini menjadi pemandangan menarik buat kami.

Baca Juga : Sejumlah LSM Minta KPK Turun Ke Aceh Timur, Ini Sebabnya

Beberapa dari mereka memanggil saya untuk bergabung, tentu ini waktunya kami mengetahui isi pembahasan mereka, setelah berkenalan, kami mengambil kesempatan untuk mewawancarai mereka, dengan gaya obrolan warung kopi biar suasana tetap cair dan natural.

Harapan Pemekaran

Apa cerita ini bang, serius kali tadi teman-teman? Tanya saya mengawali mewawancarai Fatah Fikri
“Teman-teman datang untuk berdiskusi, terkait rencana Pemekaran Kabupaten Bandar Khalifah di Aceh Timur ini terdiri dari 10 Kecamatan diwilayah Peureulak Raya,” jawabnya.

Kami duduk bersama sebagai tindak lanjut dari kgiatan lokakarya tanggal 25 Oktober 2021 terkait jalan terang pembentukan Daerah Otonom Bandar Khalifah Peureulak. Alhamdulillah, Pak Dewan Sangat mendukung upaya ini sambung Geuchik Jailani yang juga mantan anggota DPRK periode sebelumnya, sambil di iyakan orang-orang yang hadir di sana.

Sementara itu, Salah satu tokoh pendidikan yang hadir, Sanusi, S.Pd, M.Pd mengatakan, Jika diibaratkan kita menanam pohon, kita menanam tanaman tua, bukan tanaman usia satu atau dua tahunan, maknanya kita berupaya untuk generasi kedepan, karena manfaat dari pemekaran ini akan mempercepat terwujudnya pembangunan daerah yang berujung pada kesejahteraan masyarakat yang merata.

Senada dengan itu Dr. Andhika Jaya Putra, MA selaku tokoh Asal Ranto Peureulak yang ikut hadir saat itu mengatakan, dirinya melihat saat ini upaya yang tepat, secara historis Peureulak adalah daerah yang sangat layak diusulkan menjadi kabupaten di Aceh,
“ditambah letak geografis dan sumberdaya yang dimiliki Peureulak sudah memenuhi persyaratan dalam UU 23 Tahun 2014 tentang Pemekaran Daerah . Oleh karenanya sebagai Akademisi, kami siap membantu dimana diperlukan sesuai dengan kemampuan yang kami miliki,” kata Andika

Strategi dan Kepentingan

Ditanyakan tanggapannya dan upaya  yang akan dilakukan sebagai wakil rakyat, Fatah Fikri mengatakan, dirinya melihat ini adalah harapan masyarakat yang hampir menyeluruh, hampir setiap malam ada yang datang membicarakan harapan terwujudnya pemekaran Kabupaten Bandar Khalifah, sering saat ke Desa-desa masyarakat kerap mengungkapkan keinginan yang serupa.

Diguncang Gempa Dahsyat, Bali Porak-poranda

“Namun demikian, ini bukanlah hal yang mudah, tapi jika semua pihak bekerjasama insyaallah harapan ini akan terwujud, karenanya dalam dua bulan ini saya akan ke semua Kecamatan kalau bisa akan bermusyawarah dengan masyarakat disana, minimal Keuchik dan Tuha Peut untuk memastikan kondisi yang sebenarnya,”Lanjutnya

“Saya harap teman-teman relawan yang sudah bekerja, jangan ada muatan politik dalam hal ini, jangan bawa kepentingan lain, ini murni untuk mencapai harapan Pemekaran, semua pihak harus berpartisipasi sesuai dengan bidangnya dan kemampuan yang dimiliki, jadi kalau ditunggangi oleh kepentingan lain saya tidak akan memberikan dukungan” tutup Fatah Fikri. [BM]

Kunjungi Channel Berita Media Ini dan Mohon di SUBSCRIBERS

Kontak-Tembak TNI vs KKB Papua

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *