banner 728x250

Liputan Banjir, DPW-PA Aceh Timur Gerilya Antar Bantuan

  • Bagikan
DPW PA
banner 468x60

MEDIAPANCASILA Aceh Timur, bencana  banjir di Aceh Timu belum berakhir, penderitaan masyarakat juga masih berlanjut, oleh karenanya sebagai wujud tanggung jawab kepada masyarakat,  DPW Partai Aceh  sebagai peraih kursi terbanyak di parlemen Aceh Timur saat ini, turun ke lokasi bencana untuk mengunjungi para korban banjir yang berada di posko-posko pengungsian yang tersebar diberbagai Desa dan Kecamatan sejak 2 hingga 4 Januari 2022.

Selain datang membawa bantuan sembako dan kebutuhan lainnya sepeti perlengkapan kesehatan bayi dll, rombongan DPW-PA yang dipimpin Zulkifli Ayub (Keupiyah Seuke) didampingi pengurus Partai diantaranya Jubir PA Aceh Timur Mansur Abu Bakar (Leubeh) Agus Kadafi serta sejumlah Anggota DPRK dan DPRA yang berasal dari partai tersebut, selain itu beberapa Simpatisan partai juga ikut dalam rombongan sebagai wujud solidaritas terhadap para korban.

Mendapat kesempatan bergabung dengan rombongan tersebut, sebagai jurnalis kami terus memantau segala aktifitas dan interaksi antara rombongan dan masyarakat (para korban) di berbagai kondisi.

Kehadiran petinggi Partai dan Anggota Dewan, seolah memberi semangat tersendri bagi mereka,  suasana keakraban antara masyarakat dengan Elit Partai terlihat di setiap tempat yang disinggahi, selain bersenda-gurau kesempatan itu juga dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan berbagai keluhan dan harapan mereka, tentu dengan cara mereka sendiri yang terkadang terlihat lucu.

Baca Juga Pergi Melaut Ke Aceh Timur, Nelayan Asal Pijay  Meninggal Dunia

Hampir disemua tempat, yang pertama terdengar ucapan mereka khususnya ibu-ibu “Kamoe pike awak droeneuh hana neutingat le keukamo, sebab biasa wate neuk pemilu sagai deuh u gampong, meunyoe na neu saweu lagenyo adak hana neuba sapu sang ka mangat ate kamo sino lam gampong” (kami kira bapak-bapak sudah lupa dengan kami, sebab biasanya yang dulu saat menjelang pemilu baru sama ingat dengan rakyat, padahal dikunjungi dan diperhatikan saat seperti ini kami sudah sangat senang) inilah ucapan mereka menggunakan bahasa Aceh yang sering terdengar diantara celotehan lainya.

Namun saat perjalanan pada 4 Januari,  menuju lokasi pengunggsi di Gampong-gampong di Kecamatan Ranto Peureulak, rombongan yang tiba jam 10.20 wib harus terhenti saat akan masuk kawasan Desa beurandang, akibat kedalaman banjir di jalan  mencapai seukuran leher orang dewasa, hingga mobil tidak mungkin bisa melewatinya.

Hal tersebut memaksa bahan bantuan yang dibawa harus dilansir dengan rakit kayu, setelah dilakukan serah terima melalui Keuchik Gampong Beurandang, Kliet dan Seumanah Jaya.

Camat Ranto Peureulak menyampaikan ucapan terimakasihnya atas kedatangan Ketua dan Anggota DPRK Aceh Timur ketempatnya yang sedang dilanda bencana dan lebih 4000 jiwa terpaksa mengungsi.

Ditannyai kondisi warga yang tinggal di posko pengungsian, Camat mengabarkan sejauh ini semua dalam kondisi baik namu dikhawatirkan dampak timbulnya berbagai penyakit setelah banjir.

“sejauh ini belum ada yang sakit di tempat pengungsi, namun kami menghibau untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan agar tidak beresiko timbulnya penyakit, menanggapi kekurangan pakaian, kami juga berharap warga yang tidak terkena banjir untuk menyumbangkan pakaian yang masih layak pakai bagi saudara kita yang menjadi korban banjir,” ujar camat

Selesai di Ranto Peureulak, robongan bergegas menuju ke Kecamatan Peureulak Barat, untuk mengatar bantuan ke beberapa titik lokasi pengungsian diantaranya, Gampong Beusa Sebrang dan Beusa Baroh.

Setelahnya Pada jam 17.10 wib, setelah mengambil stok bantuan untuk di antarkan ke pedalaman Peureulak, rombongan bergerak menuju Gampong Seuneubok Peng-peng, Balng Simpo dan Cek Mbon.

Perjalanan yang sulit karena akses kesana sudah tidak bisa dilewati, Tim terpaksa mencari jalan alternatif yang sangat ekstrim hingga mobil yang bukan berpenggerak 4X4 harus menyudahi perjalannya.

Sulitnya medan yang ditempuh membuat salah satu unit mobil Double Cabin hampir terjungkal dan mengalami ban pecah, saat itu perjalanan terhenti hampir satu jam ditengah kebun sawit yang sudah gelap.

Barulah pada jam 20.00 wib rombongan tiba di Gampong Seuneubok Peng-peng namun akses menuju Gampong Balng Simpo dan Cek Mbon sudah bisa dileati, lagi-lagi masalahnya kedalaman air yang tidak bisa dilwati dan malam sudah gelap memaksa Keupiyah Seuke dan rombongan menurunkan Bantuan yang dibawa untuk pengungsi di desa itu serta  ditipkan untuk desa Cek Mbon dan Blang Simpo yang juga masyarakatnya mengungsi ke Menasah-menasah.

Ketua DPW-PA didamping Ketua DPRK Fatah Fikri dan Anggota Azhari dan Tgk Ihkhsani dalam keterangannya mengatakan, semua yang kita lakukan merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab kepada pihaknya terhadap masyarakat, dia juga berharap kepada seluruh Anggota Dewan dari Partai Aceh untuk tidak menutup mata atas penderitaan masyarakat akibat musibah yang melanda.

“Besok kami juga turun lagi ke lokasi lain yang hari ini belum sampai, sekarang menurut pantauan di sekitaran Peureulak air juga sudah naik seperti di Blang Batee dan sekitarnya juga di Lhok Dalam serta Blang Balok dan Beusa Meurano Insyaallah besok kita kunjungi,” ujar keupiyah Seukee.

Sementara ketua DPRK Aceh Timur mengatakan, untuk mencegah terulangnya banjir yang seperti tahun ini, pihaknya mendesak pemerintah Aceh Timur untuk membenahi aliran sungai agar tidak ada hambatan aliran air saat curah hujan tinggi seperti ini.

“Kami sudah sampaikan ke Dinas PU dan Instansi lainnya untuk membenahi semuanya, baik Daerah Aliran Sungai mupun lahan hutan yang ada, semua harus dibenahi dan diperbaiki, agar resapan dan aliran air bisa berfungsi baik, dengan harapan banjir bisa dicegah untuk tahun-tahun selanjutnya,” ujar Fatah Fikri.

“dan untuk tahap ini, sesuai yang Pak Ketua DPW katakan kita usahakan untuk turun kesemua lokasi, jadi kalau ada banjir di pedalaman Aceh Timur mana tau tidak terekspos dan belum ada perhatian tolong informasikan ke kami supaya masyarakat tidak terlantar,” tutup Fatah Fikri. (BM)

mohon Subscribe Chanel YouTube kami

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *