banner 728x250

India Berhasil Luncurkan Kapal Induk Buatan Dalam Negeri, Indonesia Kapan??

  • Bagikan
Pelayaran Perdana Kapal Induk India
Kapal Induk India Lakukan Pelayaran Laut Perdana Untuk Uji Coba
banner 468x60

Media Pancasila-Internasional. Sebuah peristiwa yang sangat mengejutkan dunia militer Internasional datang dari negeri yang dijuluki Anak Benua di dataran Asia Selatan, ya India  memancing perhatian dunia terlebih pengamat militer, hal tersebut tentu saja akibat keberhasilan negeri tersebut meluncurkan Kapal Induk buatan dalam negerinya sendiri pada 4 Agustus 2021.

Kapal yang diberi nama Indigenous Aircraft Carrier 1 VIKRANT atau dipanggail  IAC-1 VIKRANT dan dikalangan militer kapal tersebut disebut Indian Navy Ship Vikrant adalah kapal induk pertama buatan negeri India.

Riwayat Pembangunan

Pelayaran Pertama Kapal Induk India
Sejumlah Pejabat Militer melepas Pelayaran Kapal Induk India Indigenous Aircraft Carrier 1 VIKRANT saat hendak melakukan Pelayaran perdana

Kapal induk IAC-1 Vikrant dirancang oleh Direktorat Desain Angkatan Laut (DND) Angkatan Laut India, dan dibangun oleh perakitan lokal di Cochin Shipyard Limited (CSL). Selain memakan waktu pembangunan hingga 17 tahun kapal yang pernah menimbulakan kontroversi di negara India ini memakan biaya sekitar Rs 23 ribu crore atau senilai Rp 44,5 miliar Rupiah .

Walaupun pembuatan kapal tersebut dilaporkan tidak menggunakan seratus persen komponen dalam negeri, Kapal yang dibangun di sejak tahun 2004 dan diresmikan pada tahun 2013 dan baru di ujicoba laut pada tahun 2021 itu  menggunakan 76 % komponen dominan merupakan pruduksi dalam negeri dan sisanya 24 % merupakan material yang dipasok dari luar negeri, seperti radar, sistem navigasi serta beberapa sistem rudal dan mesin pendorong.

Melakukan pelayaran laut perdana untuk misi uji coba menjadi hari bersejarah bagi kemiliteran Negri Tuan Takur tersebut dan , rencananya kapal tersebut akan resmi bergabung dengan Angakatan Laut India pada agustus 2022 atau awal 2023 setelah merampungkan semua uji coba berupa Penerbangan Jet Tempur Supersonic MIG-29K buatan Rusia dan pendaratan Helikopter canggih untuk mendukung opesai milkiter negara tersebut dimasa depan.

Dimensi dan Daya Angkut

Kapal Induk India Indigenous Aircraft Carrier 1 VIKRANT
Kapal Induk India Indigenous Aircraft Carrier 1 VIKRANT dikawal beberapa Kapal Perang melakukan Pelayaran perdana pada 4/8/2021

Kapal IAC-1 VIKRANT yang dibangun di sejak tahun 2004 dan diresmikan pada tahun 2013 dan baru di ujicoba laut pada tahun 2021 itu memiliki dimensi panjang  262 meter, lebar 62 meter dan dan tinggi 54 meter dengan 14 dek  memiliki bobot 45 ribu.

Memiliki ukuran dan sebesar itu, kapal itu ditenagai oleh 4 mesin gas turbin General Electric LM 2500  buatan Amerika dapat berlayar dengan kecepatan Maksimum 30 Knot atau setara 56 km/jam dengan kecepatan jelajah 18 Knot yang setara dengan 34 km/jam.

Baca Juga : Foto-foto Kondisi Israel Setelah Dihantam Roket Hamas

Menurut sumber dari kalangan pejabat militer India, kapal tersebut akan resmi bergabung dengan angakatan laut India pada agustus 2022 di awaki oleh 1.700 kru yang terdiri dari 200 Perwira Militer dan 1.500 Pasukan.

Selain dapat menggukut sejumlah pasukan Kapal yang peluncuran perdananya ini didedikasikan untuk perayaan 75 tahun kemerdekaan India juga bisa membawa dan mengoperasikan 26 jet tempur MIG 29K Buatan Rusia dan 10 unit Helikopter serang dan Buatan dalam Negeri juga dilengkapi sejumlah radar canggih buatan Israel untuk berbagai kepentingan militer negara tersebut.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *