banner 728x250

Ini Alasan, Perwakilan Keuchik Dukung Aceh Timur Dimekarkan

  • Bagikan
banner 468x60

MEDIAPANCASILAAceh Timur, Rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bandar Khalifah Peureulak kian mendapat perhatian dari sejumlah kalangan masyarakat. Sejumlah Perwakilan Keuchik (Kepala Desa) dari lima Kecamatan yang tergabung dalam Forum Keuchik tampak hadir menjumpai Panitia Pemekaran di Peureulak.

Kehadiran tokoh Gampong tersebut untuk memastikan terkait informasi rencana pemekaran seraya memberikan dukungan pada Rabu 3/11/2021.

Keuchik diwakili oleh masing-masing Ketua Forum dari Kecamatan Ranto Selamat, Birem Bayeun, Ranto Selamat, Peureulak dan Peureulak Timur, mereka tiba di Peureulak dan di Sambut hangat oleh Fatah Fikri, Dr Andika dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya .

Perwakilan Keuchik Dukung Pemekaran Kabupaten Bandar Khalifah
Teks Foto : Perwakilan Keuchik Jumpai Panitia Pemekaran Kabupaten Bandar Khalifah

Pertemuan yang terkesan bersahaja tersebut berlangsung di salah satu warung kopi di Peureulak dan dipandu oleh Dr. Andhika Jaya Putra. MA akademisi Kampus asal Ranto Peuruelak

Dalam Keterangannya Fatah Fikri menjelaskan, bahwa i’tikat memekarkan diri dari kabupaten induk (Aceh Timur) tidaklah didasari kepentingan pribadi atau golongan tertentu, namun lebih kepada melihat kebutuhan masayarakat dimasa mendatang. Ulama kharismatik Alm. Ayah Leuge (Tgk.H. Bukhari Abu Hasan) pernah berpesan bahwa tekatkan usaha pemekaran ini dengan hati yang tulus tanpa melihat kepentingan, tapi lihatlah usaha ini sebagai suatu kebutuhan kita saat ini dan anak cucu kita dimasa depan ungkap Fatah Fikri.

Ditambah lagi desakan dan animo masyarakat yang justru harus kami akomodir sebagai sebuah aspirasi dengan harapan terbentuknya Kabupaten Bandar Khalifah Peureulak ini lanjutnya.

Maka disini dibutuhkan satu persepsi yang sama, tekat bersama, tujuan yang sama, agar cita-cita ini dapat kita wujudkan.

Baca Juga : Jalan Terang Menuju Pemekaran Kabupaten Bandar Khalifah Peureulak

Kegagalan kegagalan usaha masa lalu mari kita jadikan sebagai landasan berfikir untuk masa depan, tidak perlu larut karena masalalu sehingga terabaikan masa depan, maka saat ini kita semua yang hadir disini kita berharap dapat memberikan pemahaman akan kepada masayarakat bahwa pemekaran kabupaten ini merupakan kebutuhan kita barsama.

Sebagai komitmen kita, dalam waktu dekat kita akan hadir melakukan audensi dengan tokoh tokoh masyarakat di setiap kecamatan yang termaktub dalam wilayah yang akan dimekarkan, dan ini kita lakukan agar semua masyarakat paham akan rencana ini dan tidak ada informasi yang terputus, sehingga akan terbentuk satu konsolidasi yang solid.

Dia juga berharap Para perwakilan Keuchik menyampaikan kepada masyarakat dan Keuchik dari kecamatan masing-masing untuk ikut andil memperjuangkan dan memberi dukungan.

Kemudian Sanusi mengatakan, prosea pemekaran ini akan kita mulai dari respon dukungan dari tingkat bawah terlebih dahulu, dengan dukungan masyarakat melalui Keuchik dan Tuha Peut menjadi faktor penting terwujudnya pemekaan ini, tanpa dukungan dari bawah, maka mustahil tujuan ini dapat kita wujudkan.

“Dukungan masyarakat adalah sebuah syarat mutlak yang diperlukan. Oleh karenanya kami harap agar kita bekerjasama, tak peduli latar belakang kita berbeda yang penting tujuan kita sama, dalam hal ini mari kita kesampingkan kepentingan lain baik itu kepentingan politik golongan ata apapun itu,”Kata Sanusi.

Disamping dukungan aksi, dukungan administrasi juga sangat penting, maka para keuchik dan tuha peut gampong perlu menyiapkan segala sesuatu terkait kelengkapan dukungan secara adminstratif tambahnya.

Setelah 2,5 jam berdiskusi panjang lebar, para perwakilan Keuchik sepakat mendukung dan siap bekerjasama dalam hal mewujudkan Pembentukan Daerah Otonomi Baru.

“Sudah saatnya kabupaten kita dimekarkan, banyak kendala administratif yang dialami akibat wilayah yang luas dengan jumlah desa mencapai 514, karena itu, asal jika diajak bekerjasama, kami siap memberikan dukungan dan bekerjasama, Kapan jadwal ke Kecamatan tinggal hubungi kami dan kalau saat ke kecamatan lain kami juga akan ikut mendampingi,” dikutip dari pembicaraan para Forum Keuchik.

“Mendengar penjelasan dari panitia, terlebih adanya harapan dari Ulama kita semasa hidupnya Alm Ayah Bukhari, kami menerjemahkan ini sebagai sebuah wasiat dari beliau, selain itu jarak tempuh yang jauh¬† maka kami akan mendukung sepenuhnya Rencana dan Proses pengurusan Kabupaten Bandar Khalifah,” Sambung Keuchik Asal Bayeun. [BM]

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *