banner 728x250

Peziarah dari Jakarta Menangis Melihat Kondisi Makam Raja Peureulak

  • Bagikan
banner 468x60

Media Pancasila – Aceh Timur, Sebagaimana diketahui Sultan Said Maulana Abdul Aziz Syah adalah pendiri Kerajaan Peureulak, yaitu Kerajaan Islam pertama di Asia Tenggara, beliau memerintah pada abad ke-3 Hijriyah, lebih tepatnya tahun 225 s/d 248 H bertepatan dengan tahun 840 s/d 864 M.

Dari sinilah lahir cikal bakal kerajaan – kerajaan Islam lainnya baik di Aceh itu sendiri maupun ke seluruh Nusantara hingga ke Asia Tenggara

Hal tulah yang membuat nama Peureulak sebagai asal mula kerajaan Islam masih Mashur hingga kini di nusantara.
Oleh sebabnya Banyak umat Islam di luar sana yang ingin datang untuk berziarah ke makam sang Sultan tersebut.

Seperti pada hari ini rombongan Said Abdullah Uraidli Al Hiriduan bersama 5 temannya yang menurutnya berasal dari Jakarta dan Samarinda Kalimantan Timur, datang ke makam Sultan tersebut pada hari Kamis 4 April 2021 jam 16.00 WIB.

Said Abdullah Uraidli Al Hiriduan Terlihat Sedih melihat Kondisi Makam

Usai Melaksanakan salat asar rombongan Sayed Abdullah melihat-lihat kondisi makam dan berdoa untuk pendiri kerajaan Islam pertama di asia tenggara itu.

BACA JUGA : Golongan Ahli Sedekah Yang Dilempar Kedalam Neraka

Namun Alangkah terkejutnya mereka melihat situs yang sangat penting dalam sejarah Islam maupun sejarah peradaban Indonesia tersebut yang menurut mereka seolah tidak ada yang peduli.

Saat tanyai awak Media ini yang kebetulan ada dilokasi mereka terlihat sedih dan ingin menangis melihat kondisi makam.

Kami sangat kagum dengan perjuangan beliau, banyak orang disana berharap bisa berziarah kesini namun kami tidak menyangka akan Melihat kondisi seperti ini, situs sejarah yang luar biasa Kenapa kok tidak diperhatikan” Kata Said Abdullah.

Kondisi Jembatan menuju Makam

Beliau adalah Mubaligh Islam pertama, se-nusantara Islam berangkat dari sini tapi kok seperti ini ya, saat masuk tadi kami terkejut melihat akses jalan kemari dan tiba disini kami lebih terkejut lagi, Lanjutnya.

BACA JUGA : Senjata Pelaku Teror Mabes Polri Ternyata Dari Pria Aceh Ini

Mudah-mudahan saat kami datang selanjutnya keadaan sudah lebih baik, Mohon Pemda dan masyarakat setempat lebih peduli kepada makan Sultan, tutupnya.

Setelah berbincang-bincang rombongannya pun berpamitan untuk melanjutkan perjalanan ke makam Sultan dan Ulama yang ada di Aceh katanya. (Tgk Lah)

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *