banner 728x250

Pulang dari Malaysia 115 TKI Ilegal Diamankan TNI-AL di Tanjung Balai

  • Bagikan
banner 468x60

Media Pancasila – Tanjung Balai, Diduga pulang dari Malaysia tanpa dokumen resmi ratusan orang TKI ilegal diamankan petugas TNI Angkatan Laut Lantamal I Koarmada I, saat di perairan Pulau Jemur, Tanjung Balai Asahan,. Sumatera Utara pada hari Sabtu, 13 Maret 2021.

Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory mengatakan, siang itu hari Sabtu saat patroli bersama Satpol Air Polda Sumut kita menerima informasi bahwa ada kapal nelayan yang mengangkut ratusan orang yang diduga pekerja ilegal, setelah dilakukan pengembangan ditemukan di KM Sinar Utama dengan tiga anak buah kapal (ABK).

BACA JUGA : Polda Aceh : Anggota Polisi yang terjaring Razia di Medan Bisa Dipidana dan Dipecat

“115 Orang diangkut didalamnya yang terdiri dari 80 laki-laki, 31 perempuan, dan 4 balita diamankan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Lanal TBA di Perairan Pulau Jemur. Diduga mereka adalah TKI Ilegal yang pulang dari Malaysia,” kata Robinson, Minggu (14/3).

BACA JUGA : Kerap Menggoda Istri Orang, Tukang Sate Dipukul Dengan Membabi-Buta

KM Sinar Utama serta tiga ABK yang membawa ratusan penumpang tersebut selanjutnya dibawa ke Lanal Tanjung Balai Asahan guna diproses lebih lanjut.

“Sementara 115 Orang penumpang diserahkan kepada kantor imigrasi Tanjung Balai Asahan setelah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dengan pengawalan Pomal Lanal serta Polresta Tanjung Balai. Sedangkan nahkoda, ABK serta kapal akan diproses lebih lanjut oleh Lanal Tanjung Balai Asahan,” jelas Robinson.

Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I), Laksda TNI Abdul Rasyid mengatakan, patroli TNI AL hal rutin dilaksanakan terutama di tempat-tempat yang disinyalir menjadi jalur-jalur masuk tidak resmi (jalur tikus). Termasuk komoditas dari luar negeri, barang ilegal, bahkan narkoba serta penyelundupan pekerja migran ilegal yang terjadi di wilayah kerja Koarmada I.

“TNI AL berperan aktif dalam membantu pemerintah guna melaksanakan percepatan penanganan Covid-19 terutama di wilayah perairan yang disinyalir masih terdapat penyelundupan pekerja migran ilegal melalui jalur laut,” katanya.[]

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.